EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH STRUKTUR HEWAN

  • Fitri Aryanti Universitas Pasundan
  • Lilis Suhaerah Universitas Pasundan

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pelaksanaan perkuliahan online sebagai dampak adanya pandemi covid-19. Penyampaian materi perkuliahan dilakukan dengan menggunakan media audio visual, karena jika materi tidak dilengkapi dengan media tersebut akan menjadi kurang efektif dan kurang interaktif. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu pre-experimental dengan desain one group pretest-posttest. Subjek penelitian  yaitu mahasiswa Pendidikan Biologi semester III sebanyak 43 mahasiswa. Hasil analisis data menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar mahasiswa dengan diperoleh skor pretest sebesar 58,93 dan skor posttest 86,96 selain itu juga perolehan skor Ngain sebesar 0,68 yang menunjukkan peningkatan hasil belajar mahasiswa termasuk pada kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, diketahui bahwa perkuliahannya menjadi efektif dengan penggunaan media audio visual dan meningkatkan hasil belajar mahasiswa,  selain itu juga mahasiwa menjadi terlibat langsung dalam pembelajaran dan meningkatkan motivasi belajar pada mata kuliah Struktur Hewan.

Referensi

Duffy, Judy Lever, McDonald, Jean B. (2011). Teaching and Learning with Technology. Fourth Edition. Pearson Education. Boston.

Hamdani, Acep Roni, dkk. (2020). Cepat Mahir Learning Management System Berbasis MOODLE.Lemlit Unpas. Bandung

Rusman., Kurniawan, D., Riyana, C. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Rajawali Pers. Jakarta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Arny, Ulti Desy. (2014). Macam-macam Audio Visual. https://garudacyber.co.id/artikel/1276-macam-macam-media-audio-visual. Diakses pada tanggal 22 Desember 2020

Pasha, Afifah Cinthia. (2019). 6 Jenis Media Pembelajaran Sederhana, Bisa Bantu Siswa Agar Tidak Bosan. https://www.liputan6.com/citizen6/read/3921556/6-jenis-media-pembelajaran-sederhana-bisa-bantu-siswa-agar-tidak-bosan. Diakses pada tanggal 21 Desember 2020.

Purnamasari, Indah. (2019). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Biologi Materi Struktur dan Fungsi Sel Di SMAN 1 Teluk Keramat. Universitas Tanjungpura. Pontianak.

Anggriawan, F. S. (2009). Pengembangan Learning Management System ( Lms ) Sebagai Media Pembelajaran Untuk Sekolah Menengah. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, (ellis), 1–10.

Fujiyanto, A., Jayadinata, A. K., & Kurnia, D. (2016). Penggunaan Media Media audio Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hubungan Antarmakhluk Hidup. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 841–850. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.3576

Ibe, E., & Abamuche, J. (2019). Effects of audiovisual technological aids on students’ achievement and interest in secondary school biology in Nigeria. Heliyon, 5(6), e01812. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2019.e01812

Mellisa, M., & Yanda, Y. D. (2019). Developing audio-visual learning media based on video documentary on tissue culture explant of Dendrobium bigibbum. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 5(3), 379–386. https://doi.org/10.22219/jpbi.v5i3.9993

Stevi, S., & Haryanto, H. (2020). Need Analysis of Audio-Visual Media Development to Teach Digestive System for Elementary School. Journal of Educational Technology and Online Learning, 3(2). https://doi.org/10.31681/jetol.672104
Diterbitkan
2021-02-09