KOMPETENSI TPACKING CALON GURU BIOLOGI DALAM MENYONGSONG PEMBELAJARAN ABAD KE-21

  • Nia Nurdiani Universitas Pasundan
Keywords: Calon guru Biologi, TPACK, TPACKing

Abstract

Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) merupakan kerangka kerja pembelajaran abad ke-21 yang mengintegrasikan pengetahuan teknologi informatika ke dalam Pedagogical Content Knowledge dalam sebuah konteks pembelajaran tertentu, sedangkan TPACKing adalah proses membangun kerangka TPACK untuk tujuan pembelajaran di kelas. Panelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan TPACKing mahasiswa calon guru biologi dalam mengantisipasi tuntutan pembelajaran abad ke 21. Penelitian ini diperlukan sebagai langkah awal dalam menentukan pentingnya pengembangan program pelatihan yang terstruktur dalam membangun kemampuan TPACKing mahasiswa calon guru biologi. Penelitian ini dilakukan dengan metode survey menggunakan instrumen penilaian pengetahuan komponen-komponen TPACK dalam bentuk angket terhadap 40 orang mahasiswa tingkat akhir program studi pendidikan biologi di sebuah perguruan tinggi swasta di Bandung, Indonesia. Hasil studi menunjukkan bahwa berturut-turut 72.22 %, 65,47 %, 68.45 %  dan 56.55 % mahasiswa calon guru biologi memiliki penetahuan yang memadai pada Content Knowledge (CK), Pedagogical Knowledge (PK), Pedagogical Content Knowledge (PCK) dan Technology Knowledge (TK); sebaliknya, berturut-turut  hanya  30,83 %  dan 35.00 % mahasiswa calon guru biologi yang memiliki Technological Pedagogical Knowledge (TPK) dan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) memadai. Dengan demikian perlu dilakukan upaya membangun pengetahuan TPACKing mahasiswa calon guru biologi melalui program pelatihan yang terstruktur

References

Arch (2010). 21st Century Skills for Students and Teachers,” pp. 1–25.

Mishra, P. and M. J. Koehler. (2006). Technological pedagogical content knowledge: A framework for teacher knowledge. Teach. Coll. Rec., vol. 108, no. 6, pp. 1017–1054.

Koehler M. J. and P. Mishra. (2009). What is Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK)?,” Contemp. Issues Technol. Teach. Educ., vol. 9, no. 1, pp. 60–70, 2009.

Koehler, M. J.; P. Mishra, and W. Cain. (2013). What Is Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK)?. J. Educ., vol. 193, no. 3, pp. 13–19.

Nurdiani, N.; N. Y. Rustaman, W. Setiawan, and D. Priyandoko. (2019a). Reasoning patterns and modes of prospective biology teachers on embryology learning with TPACK framework. JPBI (Journal Pendidik. Biol. Indones., vol. 5, no. 1, pp. 93–100.

Nurdiani, N. ; N. Rustaman, W. Setiawan, and D. Priyandoko. (2019b). Preparing 21 st -century teacher candidates through embryology learning with technological pedagogical and content knowledge ( TPACK ) framework. J.Phys. Conf. Ser. 1157 022133.

Angeli, C. and N. Valanides. (2009). Computers & Education Epistemological and methodological issues for the conceptualization , development , and assessment of ICT – TPCK : Advances in technological pedagogical content knowledge (TPCK ). Comput. Educ., vol. 52, no. 1, pp. 154–168.

Olofson, M. W., M. J. C. Swallow, and M. D. Neumann. (2016). TPACKing: A constructivist framing of TPACK to analyze teachers’ construction of knowledge, vol. 95. Elsevier Ltd,.

Niess, M. L. (2005 ). Preparing teachers to teach science and mathematics with technology: Developing a technology pedagogical content knowledge,” Teach. Teach. Educ., vol. 21, no. 5, pp. 509–523.

Baya’a, N. and W. Daher. (2015). The Development of College Instructors’ Technological Pedagogical and Content Knowledge,” Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 174, pp. 1166–1175.

Schmidt, D. A.; E. Baran, A. D. Thompson, M. J. Koehler, T. S. Shin, and P. Mishra. (2009). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK ): The Development and Validation of an Assessment Instrument for Preservice Teachers,” J. Res. Technol. Educ., vol. 42, no. 2, pp. 123–149.

Mouza, C., R. Karchmer-Klein, R. Nandakumar, S. Yilmaz Ozden, & L. Hu. (2014). Investigating the impact of an integrated approach to the development of preservice teachers’ technological pedagogi-cal content knowledge (TPACK). Computers & Education, 71: 206–221. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2013.09.020

Reyes, V. C., C. Reading, H. Doyle, & S. Gregory. (2017). Integrating ICT into Teacher Education Programs from a TPACK Perspective: Exploring Perceptions of University Lecturers. Computers and Education, 115: 1–19. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2017.07.009
Published
2021-02-09