PENILAIAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn) DALAM MENUMBUHKAN SIKAP TANGGUNGJAWAB PADA PESERTA DIDIK DI MASA PANDEMI

  • Cahyono Cahyono Universitas Pasundan
  • Dadang Mulayana Universitas Pasundan
  • Lili Sukarliana Universitas Pasundan
  • Asep Deni Normansyah Universitas Pasundan
Keywords: Penilaian Pembelajaran, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), Sikap, Tanggungjawab

Abstract

Pelaksanaan evaluasi ialah inti dari pelaksanaan pendidikan dan suatu keharusan untuk dilakukan serta menjadi catatan penting guna memetakan capaian siswa pada proses pembelajaran dan memperoleh feedback bagi siswa. Penilaian dan pengisian angka rapor pada masa pandemi covid-19 menjadi permasalahan serius, selain kegiatan pembelajaran itu sendiri. Khususnya terkait dengan prinsip keadilan (equity) dan inklusivitas (inclusivity). Penilaian pembelajaran PKn terdiri dari penilaian sikap, penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Perencanaan Penilaian Pembelajaran PPKn dan proses penilaian pembelajaran PPKn dalam menumbuhkan sikap tanggungjawab pada peserta didik pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi deskriptif dengan pengumpulan data menggunakan wawancara kepada 10 orang guru PPKn di SMK Negeri Se-Kota Bandung. Kesimpulan penelitian yaitu perecanaan penilaian pembelajaran PPKn di SMK Negeri Kota Bandung disusun bersamaan dengan pembuatan RPP yang disesuaikan dengan silabus dan kurikulum darurat. Pelaksanaan penilaian pembelajaran PPKn dalam menumbuhkan sikap tanggungjawab pada peserta didik di masa pandemi copid-19 yaitu dengan menerapkan penilaian sikap dan penilaian keterampilan, dengan menekankan pada prinsip penilaian bersifat umpan balik.

References

Ari Suryanto. (2020). Masa Pandemi, Begini Mekanisme Penilaian Terhadap Siswa. Tersedia pada link. https://radarlampung.co.id/2020/10/15/masa-pandemi-begini-mekanisme-penilaian-terhadap-siswa/.
Cahyono. (2015). Kontribusi Penilaian Kinerja dalam Menanamkan Tanggungjawab Warga Negara. Jurnal FKIP Uninus. Volum 2 No. 2 Tahun 2015
Krisno, Turmudi, Nia Fatmawati. (2020). Penilaian Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar Selama Masa Pandemi Covid-19. Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak. Vol. 4 No. 1 Juli 2020, pp. 97-110
Muh. Fitrah, Ruslan. (2020). Eksplorasi Sistem Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran di Sekolah pada Masa Pandemi Covid-19 di Bima. Jurnal Basicedu. Research & Learning in Elementary Education. Volume 5 Nomor 1 Halaman 178-187.
Permendibud No. 53 Tahun 2020. Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Baru. Jakarta
Rustiadi, E. S dan Panuju D.R. (2008). Perencanaan Pembangunan Wilayah. Jakarta: Crespent Press dan Yayasan Obor Indonesia.
Syamsir Alam. (2020). Penilaian dan Angka Rapor Pembelajaran Daring. Tersedia pada https://mediaindonesia.com/opini/322254/penilaian-dan-angka-rapor-pembelajaran-daring. (2020; 20; 06).
Thomas R Guskey. (2020). Assessments And Grading In The Midst Of A Pandemic. University of Louisville.
Published
2021-02-09

Most read articles by the same author(s)