KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CORE PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA

  • Rani Sugiarni Universitas Suryakancana
  • Mita Mita Universitas Suryakancana
  • Elsa Komala Universitas Suryakancana
Keywords: Model Pembelajaran CORE, Kemampuan Koneksi Matematis

Abstract

Tujuan dari penelitian untuk mengetahui pencapaian, peningkatan, serta sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model Connecting Organizing Reflecting Extending (CORE).Metode Penelitian adalah kuasi eksperimen dan desain penelitian ini adalah Nonequivalent control group design. Kelas eksperimen memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran CORE dan kelas kontrol memperoleh model pembelajaran konvensional.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Karangtengah Cianjur tahun pelajaran 2018/2019. Adapun yang dijadikan sampel dalam penelitian ini dipilih sebanyak 2 kelas dari 11 kelas yang ada dengan teknik purposivesampling.Untuk mendapatkan data hasil penelitian digunakan instrumen berupa tes kemampuan koneksi matematis siswa berbentuk uraian dan angketSelf-Confidence siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa pencapaian kemampuan koneksi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran CORE lebih baik daripada pencapaian kemampuan koneksi matematis  siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional dilihat dari hasil nilai posstest siswa, peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang menggunakan pembelajaran dengan model pembelajaran CORE lebih baik daripada peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensionaldengan kategori peningkatan tinggi dilihat dari skor indeks gain keduanya menggunakan uji Mann-Whitney, Self-Confidence siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran CORE sebagian besar positif dilihat dari persentase jawaban dari angket siswa.

References

Arifin, J. (2017). SPSS Versi 24 untuk Penelitian dan Skripsi. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Azizah, L., Mariani, S., & Rochmad, R. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model CORE Bernuansa Konstruktivistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis. Unnes Journal of Mathematics Education Research. 1 (2): 101-105.

Fajriani. (2017). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa MTs An-Najah Jakarta Selatan. (Skripsi). Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Fauzana, Naila Rizkya. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Rasa Percaya Diri Siswa Menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Learning Tournament Kelas VIII H SMP NEGERI 3 Purwokerto. (Skripsi). Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Prasetyo, T. I., & Syaban, M. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending(CORE) Terhadap Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. 3 (1): 1-12.

Ruspiani. (2000). Kemampuan untuk Melakukan Koneksi. Tesis UPI Bandung: Tidak diterbitkan.

Published
2021-02-09