INTERNALISASI NILAI KEMANDIRIAN SEBAGAI UPAYA UNTUK MEMBENTUK SIKAP PERCAYA DIRI SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS

  • Dian Popi Oktari Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sofyan Sauri Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Internalization of Values, Value of Independence, Learning English

Abstract

This study aims to describe and examine more deeply the importance of independence values to be internalized in the learning process of students, especially in learning English. this study uses the literature study method. In accordance with Law No. 20, 2003 article 3 states, "National education functions to  develop  capabilities  and  form  dignified  national  character  and  civilization  in order to educate the nation's life, aiming at the development of potential students to become human beings who believe and fear God Almighty, noble, healthy, knowledgeable, competent, creative, independent, and a democratic and responsible citizen. "In accordance with the functions and objectives of national education, independence is one part of the national education goals that must be developed through a variety of learning, including learning English. Independence is an attitude characterized by self-confidence.

Keywords: Internalization of values, Value of Independence, Learning English

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengkaji lebih dalam tentang pentingnya nilai kemandirian untuk diinternalisasikan dalam proses pembelajaran siswa terutama dalam pembelajaran Bahasa Inggris. penelitian ini menggunakan metode studi literatur. Sesuai dengan Undang-Undang No. 20, Tahun 2003 pasal 3  menyebutkan,  “Pendidikan  nasional  berfungsi  mengembangkan  kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan   kehidupan   bangsa,   bertujuan   untuk   berkembangnya   potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.” Sesuai dengan fungsi dan tujuan dari pendidikan nasional, kemandirian adalah salah satu bagian dari tujuan pendidikan nasional yang harus dikembangkan melalui berbagai pembelajaran, diantaranya pembelajaran Bahasa Inggris. Kemandirian adalah suatu sikap yang ditandai dengan adanya kepercayaan diri.

Kata kunci: Internalisasi nilai, Nilai Kemandirian, Pembelajaran Bahasa Inggris

Published
2018-12-12
How to Cite
Oktari, D., & Sauri, S. (2018). INTERNALISASI NILAI KEMANDIRIAN SEBAGAI UPAYA UNTUK MEMBENTUK SIKAP PERCAYA DIRI SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS. Sepeda(Seminar Pendidikan Dasar) PGSD FKIP Unpas, 1(1), 302 - 312. Retrieved from https://proceedings.conference.unpas.ac.id/index.php/sepeda/article/view/229