MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR MELALUI PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE
Abstract
This research is entitled "Improving Students’ Reading Comprehension Skill in Elementary School Students through the Whole Language Approach". This research was conducted in SDN Rawasari Kec. Cipatat, Kab. Bandung Barat to 55 fifth grade students who are divided into experimental class with 29 students and control class with 26 students. The design applied in this study was pretest and posttest design. The pretest was carried out before the treatment and post-test with the same test questions was given after the treatment. The method in this study is quasi-experiment where the sample used was not randomly chosen. The purpose of this study is to find out the implementation of the learning process using the whole language approach, in addition it is also trying to find out the differences and improving reading skills of elementary school students. Data analysis was done by calculating the data from observations, differences and improvement in reading comprehension skills with testing steps namely, statistical descriptive test, normality test, average test homogeneity test and gain test. The result of this study is that the implementation of reading comprehension skill learning process using the whole language approach went very well. There are differences and improvement in students' reading comprehension skill using the whole language approach. The reading comprehension skills of students who use the whole language approach are better than the reading comprehension skills of students who use the common approach by educators. Suggestions for further researchers to improve the skills of students using the whole language approach is that researchers must master the characteristics of students and be able to master the class well.
Keywords: Whole Language Approach, Reading Comprehension Skills
Penelitian ini berjudul ”Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Peserta Didik Sekolah Dasar Melalui Pendekatan Whole Language”. Penelitian ini dilakukan di SDN Rawasari Kec. Cipatat Kab. Bandung Barat pada peserta didik kelas V dengan jumalah peserta didik sebanyak 55 orang peserta didik yang dibagi kedalam kelas eksperimen yang berjumlah 29 orang dan kelas kontrol yang berjumlah 26 orang. Desain dalam penelitian ini adalah pretes dan postes design. Dimana pretes dilaksanakan sebelum diberikan perlakuan dan postes diberikan seteah diberikan perlakuan dengan soal tes yang sama. Metode dalam penelitian ini menggunakan eksperimen semu dimana sampel yang digunakan dipilih tidak secara acak.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui keterlaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan whole language, selain itu juga untuk mengetahui perbedaan dan peningkatan keterampilan membaca pemahaman peserta didik Sekolah Dasar. Analisis data yang dilakukan yaitu dengan menghitung data hasil observasi, perbedaan dan peningkatan keterampilan membaca pemahaman dengan langkah-langkah pengujian yaitu,uji deskriptif statistik, uji normalitas, uji homogenitas uji rata-rata dan uji gain. Hasil dari penelitian ini adalah keterlaksanaan proses pembalajaran keterampilan membaca pemahaman dengan menggunakan pendekatan whole language berjalan dengan sangat baik. Terdapat perbedaan dan peningkatan keterampilan membaca pemahaman peserta didik yang menggunakan pendekatan whole language. Keterampilan membaca pemahaman peserta didik yang menggunakan pendekatan whole language lebih baik dari pada keterampilan membaca pemahaman peserta didik yang menggunakan pendekatan yang biasa dilakukan oleh pendidik. Saran bagi peneliti selanjutnya untuk meningkatkan keterampilan peserta didik menggunakan pendekatan whole language peneliti harus menguasi karakteristik peserta didik dan mampu menguasai kelas dengan baik.
Kata Kunci: Pendekatan Whole Language, Keterampilan Membaca Pemahaman