KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA SISWA SEKOLAH DASAR

  • Rina Indriani PGSD FKIP Universitas Pasundan
  • Devi Rahmiati PGSD FKIP Universitas Pasundan
Keywords: Creative Thinking, Student In Elementary Schools

Abstract

Education is the most important factor in determine the future life of a nation. It takes students creativity thinking skills so that they can develop other thinking skills. Creative thinking is the ability to think by using new ways to find unique solutions to the problems. The method used in this study is discourse analysis related to the results of research related to students mathematical creative thinking skills in elementary school. The analyzed are about creative thinking, developing creative thinking, and how to think of mathematically creatively in elementary school. Based on the result of discourse analysis from several references articles and  other  supporting  books,  it  can  be  concluded  that  to  support  the  learning process that will increases creative thinking skills students, are required a develop mathematics subjects that focused on awareness of the knowledge and thought processess of students who can develop their creative thinking skills in solving mathematics problem.

Keywords: Creative Thinking, Student In Elementary Schools

Pendidikan merupakan factor yang paling penting dalam menentukan kehidupan masa depan suatu bangsa. Dibutuhkan kemampuan berpikir kreatif siswa agar mereka dapat mengembangkan kemampuan berpikir yang lainnya. Berpikir kreatif adalah kemampuan berpikir dengan menggunakan cara-cara yang baru untuk menemukan solusi-solusi yang unik terhadap persoalan. Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah analisis wacana terkait hasil penelitian yang berkaitan dengan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa di sekolah dasar. Adapun yang dianalisis yaitu tentang berpikir kreatif, pengembangan berpikir kreatif, dan bagaimana berpikir kreatif matematis di sekolah dasar. Berdasarkan hasil analisis wacana dari beberapa referensi artikel dan buku penunjang lainnya, dapat disimpulkan bahwa untuk mendukung proses pembelajaran yang meningkatkan kemampuan   berpikir   kreatif   siswa   diperlukan   suatu   pengembangan   materi pelajaran matematika yang difokuskan pada kesadaran tentang pengetahuan dan proses berpikir siswa yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatifnya dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan matematika.

Kata Kunci: Berpikir Kreatif, Siswa Sekolah Dasar

Published
2018-12-12
How to Cite
Indriani, R., & Rahmiati, D. (2018). KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Sepeda(Seminar Pendidikan Dasar) PGSD FKIP Unpas, 1(1), 195 - 209. Retrieved from https://proceedings.conference.unpas.ac.id/index.php/sepeda/article/view/222