PENERAPAN METODE SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) UNTUK MENINGKATKAN DAYA BACA MAHASISWA DALAM MEMBANGUN BUDAYA LITERASI DI KELAS
Abstract
The culture of reading literacy which is also a language skill can be built from small places such as classrooms. One language skill that is increasingly important in entering the 21st century is reading. Reading in language skills is one of the receptive skills. One type of reading that is very vital in cognitive development is reading comprehension. By reading understanding, it will help in building a culture of literacy that can be started from these classrooms. Therefore we need an appropriate learning method to support that goal. The purpose of this study was to improve the reading power of students in building a culture of literacy through the application of the SQ3R method (Survey, Question, Read, Recite, Review) for students of Early Childhood Education at the University of Lampung as many as 29 students in one class. Data collection techniques through observation, questionnaires, tests and documentation. The research methodology used is action research (Action Research) in 2 cycles consisting of Planning, Implementation, Observation and Reflection. Based on the results of the study that the SQ3R method can improve students' reading power in building a culture of literacy in the classroom.
Keywords: SQ3R Learning Method, Reading Power, Culture of Literacy
Budaya literasi membaca yang juga merupakan keterampilan berbahasa dapat dibangun mulai dari tempat-tempat kecil seperti ruang-ruang kelas. Salah satu keterampilan berbahasa yang semakin penting peranannya dalam memasuki abad ke-21 adalah membaca. Membaca dalam keterampilan berbahasa merupakan salah satu keterampilan yang bersifat reseptif. Salah satu jenis membaca yang sangat vital dalam perkembangan kognitif adalah membaca pemahaman. Dengan membaca pemahaman maka akan membantu dalam membangun budaya literasi yang dapat dimulai dari ruang-ruang kelas tersebut. Oleh karena itu diperlukan sebuah metode pembelajaran yang tepat dalam mendukung tujuan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan daya baca mahasiswa dalam membangun budaya literasi melalui penerapan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) pada Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini di Universitas Lampung sebanyak 29 orang mahasiswa dalam 1 kelas. Teknik pengumpulan data melalui observasi, kuesioner, tes dan dokumentasi. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan (Action Research) dalam 2 siklus yang terdiri dari Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa metode SQ3R dapat meningkatkan daya baca mahasiswa dalam membangun budaya literasi di kelas.
Kata Kunci: Metode Pembelajaran SQ3R, Daya Baca, Budaya Literasi