PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE DALAM PEMBELAJARAN KONSEP DASAR IPA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PGSD STKIP SEBELAS APRIL SUMEDANG

  • Wawan Eka Setiawan STKIP Sebelas April Sumedang
  • Neri Egi Rusmana STKIP Sebelas April Sumedang
Keywords: Children Learning In Science (CLIS) learning model, Science Process Skills, and Critical Thinking

Abstract

One of the problems faced in science learning in schools today is learning that lacks the development of process skills and critical scientific thinking that should be  developed  in  science  learning.  Where  science  and  critical  thinking  process skills are activities that must be developed in every level of education in science subjects. In this study, problems were developed about how the influence of the Children Learning In Science CLIS learning model on improving science process skills and critical thinking attitudes of PGSD students, besides the problem of how much the binding of science process skills and student critical thinking when learning is implemented by implementing CLIS learning models. The research methodology  used  in  this  research  is  Pre-Experimental  Designs  using  the research design of One Group Pretest Posttest Design where in comparing the pretest of science process skills and comparing the initial data of critical thinking students with critical thinking students when learning with the CLIS model. Based on  the  data  analysis  that  has  been  implemented  the  application  of  the  CLIS learning model has a strong influence on students 'science process skills based on the effect size assessment, has a strong influence on the improvement of students' critical thinking, and the improvement of science process skills using the CLIS model included in the medium based calculation category N-gain, as well as increasing student critical thinking are included in the medium category. Based on the results of the analysis the researcher recommends the lecturer, to the teacher, to the principal to make the CLIS learning model an alternative learning process in the  classroom,  and  for  the  next  researcher  this  research  can  be  used  as  a reference in future research.

Keywords:  Children Learning In Science (CLIS) learning model, Science Process Skills, and Critical Thinking

Salah satu masalah yang dihadapi dalam pembelajaran IPA di sekolah saat ini yaitu  pembelajaran  kurang  mengembangkan  keterampilan  Proses  dan  sikap ilmiah berpikir kritis yang seharusnya dikembangkan dalam pembelajaran IPA. Di mana keterampilan proses sains dan berpikir kritis ini merupakan kegiatan yang harus  dikembangkan  di  setiap  jenjang  pendidikan  dalam  mata  pelajaran  IPA. Dalam penelitian ini dikembangkan permasalahan tentang bagaimana pengaruh model  pembelajaran Children  Learning In  Science CLIS  terhadap peningkatan keterampilan proses sains dan sikap berpikir kritis mahasiswa PGSD, selain itu permasalahan tentang seberapa besar pengikatan keterampilan proses sains dan sikap berpikir kritis mahasiswa ketika pembelajaran dilaksanakan dengan menerapkan model pembelajaran CLIS. Metodelogi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pre-Experimental Designs dengan menggunakan desain penelitian One Group Pretest Posttest Design dimana dalam pelaksanaannya membandingkan  pretest  keterampilan  proses  sains  dan  membandingkan  data awal berpikir kritis  mahasiswa dengan berpikir kritis mahasiswa ketika pembelajaran dengan model CLIS. Berdasarkan analisis data yang telah dilaksanakan penerapan model pembelajaran CLIS memberikan pengaruh yang kuat terhadap keterampilan proses sains mahasiswa berdasarkan penghitunagan effect size,   memberikan pengaruh yang kuat juga terhadap peningkatan berpikr kritis mahasiswa, dan peningkatan keterampilan proses sains dengan menggunakan model CLIS termasuk dalam kategori sedang berdasarkan penghitungan N-gain, begitu juga dengan peningkatan berpikir kritis mahasiswa termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil analisis tersebut peneliti merekomendasikan kepada dosen, kepada guru, kepada kepala sekolah untuk menjadikan model pembelajaran CLIS salah satu alternatif proses pembelajaran di kelas, serta untuk peneliti selanjutnya penelitian ini bisa dijadikan rujukan dalam penelitian selanjutnya.

Kata   Kunci:   Model   pembelajaran   Children   Learning   In   Science   (CLIS), Keterampilan Proses Sains, dan Berpikir Kritis

Published
2018-12-12
How to Cite
Setiawan, W., & Rusmana, N. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE DALAM PEMBELAJARAN KONSEP DASAR IPA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PGSD STKIP SEBELAS APRIL SUMEDANG. Sepeda(Seminar Pendidikan Dasar) PGSD FKIP Unpas, 1(1), 83 - 94. Retrieved from https://proceedings.conference.unpas.ac.id/index.php/sepeda/article/view/213