PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE DALAM PEMBELAJARAN KONSEP DASAR IPA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PGSD STKIP SEBELAS APRIL SUMEDANG
Abstract
One of the problems faced in science learning in schools today is learning that lacks the development of process skills and critical scientific thinking that should be developed in science learning. Where science and critical thinking process skills are activities that must be developed in every level of education in science subjects. In this study, problems were developed about how the influence of the Children Learning In Science CLIS learning model on improving science process skills and critical thinking attitudes of PGSD students, besides the problem of how much the binding of science process skills and student critical thinking when learning is implemented by implementing CLIS learning models. The research methodology used in this research is Pre-Experimental Designs using the research design of One Group Pretest Posttest Design where in comparing the pretest of science process skills and comparing the initial data of critical thinking students with critical thinking students when learning with the CLIS model. Based on the data analysis that has been implemented the application of the CLIS learning model has a strong influence on students 'science process skills based on the effect size assessment, has a strong influence on the improvement of students' critical thinking, and the improvement of science process skills using the CLIS model included in the medium based calculation category N-gain, as well as increasing student critical thinking are included in the medium category. Based on the results of the analysis the researcher recommends the lecturer, to the teacher, to the principal to make the CLIS learning model an alternative learning process in the classroom, and for the next researcher this research can be used as a reference in future research.
Keywords: Children Learning In Science (CLIS) learning model, Science Process Skills, and Critical Thinking
Salah satu masalah yang dihadapi dalam pembelajaran IPA di sekolah saat ini yaitu pembelajaran kurang mengembangkan keterampilan Proses dan sikap ilmiah berpikir kritis yang seharusnya dikembangkan dalam pembelajaran IPA. Di mana keterampilan proses sains dan berpikir kritis ini merupakan kegiatan yang harus dikembangkan di setiap jenjang pendidikan dalam mata pelajaran IPA. Dalam penelitian ini dikembangkan permasalahan tentang bagaimana pengaruh model pembelajaran Children Learning In Science CLIS terhadap peningkatan keterampilan proses sains dan sikap berpikir kritis mahasiswa PGSD, selain itu permasalahan tentang seberapa besar pengikatan keterampilan proses sains dan sikap berpikir kritis mahasiswa ketika pembelajaran dilaksanakan dengan menerapkan model pembelajaran CLIS. Metodelogi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pre-Experimental Designs dengan menggunakan desain penelitian One Group Pretest Posttest Design dimana dalam pelaksanaannya membandingkan pretest keterampilan proses sains dan membandingkan data awal berpikir kritis mahasiswa dengan berpikir kritis mahasiswa ketika pembelajaran dengan model CLIS. Berdasarkan analisis data yang telah dilaksanakan penerapan model pembelajaran CLIS memberikan pengaruh yang kuat terhadap keterampilan proses sains mahasiswa berdasarkan penghitunagan effect size, memberikan pengaruh yang kuat juga terhadap peningkatan berpikr kritis mahasiswa, dan peningkatan keterampilan proses sains dengan menggunakan model CLIS termasuk dalam kategori sedang berdasarkan penghitungan N-gain, begitu juga dengan peningkatan berpikir kritis mahasiswa termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil analisis tersebut peneliti merekomendasikan kepada dosen, kepada guru, kepada kepala sekolah untuk menjadikan model pembelajaran CLIS salah satu alternatif proses pembelajaran di kelas, serta untuk peneliti selanjutnya penelitian ini bisa dijadikan rujukan dalam penelitian selanjutnya.
Kata Kunci: Model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS), Keterampilan Proses Sains, dan Berpikir Kritis