PENERAPAN MODEL COOPERATIF LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SD
Abstract
This study aims to improve the learning outcomes of fourth grade students of SDN 25/ X Treasurer in the second semester of the 2016/2017 academic year. The research subjects were fourth grade students of the Treasurer. This study carried out two cycles of three actions. The initial stage of the first cycle was planned to make the lesson plan, the second step was implementing RPP, the observer recorded the implementation of the first cycle on the observation sheet. reflection sheet. At the end of the first cycle evaluation was carried out with increased results from pre-cycle activities. The results of the conversion were converted to student learning outcomes. The results of the conversion stated that the study had not reached the target. II, the implementation of the cycle was observed by observers, observers reflected and poured in reflection sheets. The evaluation results of the second cycle were converted to student learning tables, which in the conversion table illustrated that the research had reached the target. 23% increase. The result of the comparison states that cooperative learning models can improve the learning of SDN 25/ X Mendahara students in Indonesian Language learning in
2017/2018.
Keywords: Jigsaw type Learning Learning Model, Learning Outcomes, Indonesian Language
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 25/X Mendahara pada semester II tahun pelajaran 2016/2017. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV Mendahara. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus dari tiga kali tindakan Tahap awal pada siklus I dibuat perencanaan untuk membuat RPP, langkah kedua Melaksanakan RPP, observer mencatat jalannya pelaksanaan siklus I di lembar observasi, hasil observasi direfleksikan dan dituangkan dalam lembar refleksi. Pada akhir siklus I dilakukan evaluasi dengan hasil telah meningkat dari kegiatan pra siklus. Hasil evaluasi dikonversikan dengan hasil belajar siswa, hasil konversi menyatakan penelitian belum mencapai target,p erlu dilanjutkan pada siklus II. Hasil refleksi dituangkan dalam perencanaan untuk siklus II dengan melampirkan RPP siklus II, pelaksanaan siklus diobservasi oleh observer. Hasil observasi direfleksikan dan dituangkan dalam lembar refleksi. Hasil evaluasi siklus II dikonversikan dengan table hasil belajar siswa, di mana pada tabel konversi tergambar bahwa penelitian telah mencapai target. Perbandingan hasil evaluasi dari siklus I dengan siklus II terdpat peningkatan 23%. Hasil perbandingan tersebut menyatakan model cooperative learning dapat meningkatkan belajar siswa SDN 25/X Mendahara pada pembelajaran Bahasa Indonesia tahun 2017/2018.
Kata Kunci: Model Cooperate Learning Tipe Jigsaw, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia