PENGEMBANGAN MEDIA AUDIOVISUAL BERBASIS KOMIK ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN BUDAYA LITERASI YANG TERWUJUD DENGAN TRADISI BERFIKIR KRITIS DALAM PELAJARAN IPS KELAS V DI SEKOLAH DASAR

  • Arni Gemilang Harsanti PGSD UNIVERSITAS PGRI MADIUN
  • Dian Nur Antika Eky Hastuti PGSD UNIVERSITAS PGRI MADIUN
  • Dian Nur Antika Eky Hastuti PGSD UNIVERSITAS PGRI MADIUN
  • Eka Nofri Ari Yanto PGSD UNIVERSITAS PGRI MADIUN
Keywords: Audiovisual   Media,   Animation   Comics,   Literacy   Culture,   Critical Thinking, Elementary School Social Studies

Abstract

This research is the development of animated comic based learning media products. This study aims to (1) determine the development of animated comic-based audiovisual media products, (2) Know the feasibility of animated comic-based audiovisual media to enhance literacy culture, (3) Know the effectiveness of animated comic-based audiovisual media to enhance the culture of literacy manifested by the tradition of critical thinking in social studies  class  V  in  elementary  school.  This  research  is  a  type  of  research  and development or Research and Development (R & D). According to Sugiyono (2012: 407) research and development are research methods used to produce certain products, and test the effectiveness of these products. Nana Syaodih Sukmadinata (2006: 169) defines research and development as a research approach to produce new products or perfect existing products. So development research is a method to produce certain products or perfect existing products and test the effectiveness of these products. The product developed in this study is an audiovisual media based on animation to improve the culture of literacy that is realized by the tradition of critical thinking. This research was conducted in  elementary  schools  in  Madiun  City.  The  time  of  the  research  was  conducted  from January to October 2018. The subject of the study was the fifth grade students in Madiun City elementary school.

Keywords:   Audiovisual   Media,   Animation   Comics,   Literacy   Culture,   Critical Thinking, Elementary School Social Studies

 

Penelitian ini merupakan pengembangan produk media pembelajaran berbasis komik animasi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pengembangan produkmedia audiovisual   berbasis   komik   animasi,   (2)   Mengetahui   kelayakan   media   audiovisual berbasis komik animasi untuk meningkatkan budaya literasi, (3)Mengetahui efektifitas media audiovisual berbasis komik animasi untuk meningkatkan budaya Literasi yang terwujud dengan tradisi berfikir kritis dalam pelajaran IPS Kelas V di Sekolah Dasar. Penelitian   ini   merupakan   jenis   penelitian   dan   pengembangan   atau Research and Development  (R&D).  Menurut  Sugiyono  (2012:  407)  penelitian  dan    pengembangan adalah  metode  penelitian  yang  digunakan  untuk  menghasilkan  produk  tertentu,  dan menguji keefektifan produk tersebut. Nana Syaodih    Sukmadinata   (2006:   169) mendefinisikan   penelitian   dan pengembangan merupakan pendekatan penelitian untuk menghasilkan produk baru   atau   menyempurnakan   produk   yang   telah   ada.   Jadi penelitian pengembangan merupakan metode untuk menghasilkan produk tertentu atau menyempurnakan  produk  yang  telah  ada  serta  menguji  keefektifan  produk tersebut. Produk  yang  dikembangkan  dalam  penelitian  ini  adalah  media  audiovisual  berbasis animasi untuk meningkatkan budaya literasi yang terwujud dengan tradisi berfikir kritis. Penelitian   ini   dilakukan  di   sekolah  dasaryang   ada   di   kabupaten   Madiun.   Waktu penelitian dilakukan pada bulan Januari hingga Oktober tahun 2018. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas V di sekolah dasar Kabupaten Madiun.

Kata kunci:   Media Audiovisual, Komik Animasi, Budaya Literasi, Berfikir Kritis, IPS  SD

Published
2018-12-12
How to Cite
Harsanti, A., Antika Eky Hastuti, D., Antika Eky Hastuti, D., & Ari Yanto, E. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA AUDIOVISUAL BERBASIS KOMIK ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN BUDAYA LITERASI YANG TERWUJUD DENGAN TRADISI BERFIKIR KRITIS DALAM PELAJARAN IPS KELAS V DI SEKOLAH DASAR. Sepeda(Seminar Pendidikan Dasar) PGSD FKIP Unpas, 1(1), 41 - 47. Retrieved from https://proceedings.conference.unpas.ac.id/index.php/sepeda/article/view/209