ANALISIS EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA BELAJAR GOOGLE CLASSROOM PADA MASA PANDEMI

  • Saiful Almujab Universitas Pasundan
  • S Marten Yogaswara Universitas Pasundan
  • Leni Maryani Universitas Pasundan
  • Yudho Ramafrizal Universitas Pasundan
  • Ayu Asri Munggaran Universitas Pasundan
Keywords: e-learning, google classroom, pembelajaran, pandemi, Efektifitas

Abstract

Penelitia ini bertujuan untuk mengukur apakah pembelajaran e-learning google classroom efektif digunakan sebagai media pembelajaran pada masa pandemi. Penulis meyakini bahwa penelitian ini penting dilakukan mengingat sebagian besar sekolah di Kota Bandung menggunakan google classroom sebagai media ajar jarak jauh. Penggunaan google classroom ini diyakini mempermudah guru dalam mengelola pembelajaran dan menyampaikan informasi secara cepat dan akurat kepada siswa. Namun dalam pelaksanaannya, pembelajaran dengan menggunakan media e-learning terdapat beberapa kelemaha, salah satunya proses pembelajaran dengan media e-learning cenderung ke arah pelatihan daripada pendidikan. Padahal, dalam proses belajar, siswa harus mampu memahami secara mendalam dan berfikir kritis untuk dapat mengkonstruk materi ajar. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Dayeuhkolot kabupaten Bandung dengan jumlah responden sebanyak 100 orang siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian survey. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai mean atau nilai rata – rata dari seluruh data sebesar 61,84 yang menyatakan bahwa media google classroom efektif digunakan sebagai media pembelajaran pada pelajaran ekonomi.

Published
2021-02-09