MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR MELALUI PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE

  • Sri Rohartati Universitas Langlangbuana
Keywords: Whole Language Approach, Reading Comprehension Skills

Abstract

This  research  is  entitled  "Improving  Students Reading  Comprehension  Skill  in Elementary School Students through the Whole Language Approach". This research was conducted in SDN Rawasari Kec. Cipatat, Kab. Bandung Barat to 55 fifth grade students who are divided into experimental class with 29 students and control class with 26 students. The design applied in this study was pretest and posttest design. The pretest was carried out before the treatment and post-test with the same test questions was given after the treatment. The method in this study is quasi-experiment where the sample used was not randomly chosen. The purpose of this study is to find out the implementation of the learning process using the whole language approach, in addition it is also trying to find out the differences and improving reading skills of elementary school students. Data analysis was done by calculating the data from observations, differences and improvement in reading comprehension skills with testing steps namely, statistical descriptive test, normality test, average test homogeneity test and gain test. The result  of  this  study  is  that  the  implementation  of  reading  comprehension  skill learning process using the whole language approach went very well. There are differences and improvement in students' reading comprehension skill using the whole language approach. The reading comprehension skills of students who use the whole language approach are better than the reading comprehension skills of students who use the common approach by educators. Suggestions for further researchers to improve the skills of students using the whole language approach is that researchers must master the characteristics of students and be able to master the class well.

Keywords: Whole Language Approach, Reading Comprehension Skills

Penelitian   ini   berjudul   ”Meningkatkan   Keterampilan   Membaca   Pemahaman Peserta Didik Sekolah Dasar Melalui Pendekatan Whole Language. Penelitian ini dilakukan di SDN Rawasari Kec. Cipatat Kab. Bandung Barat pada peserta didik kelas  V  dengan  jumalah  peserta  didik  sebanyak  55  orang  peserta  didik  yang dibagi kedalam kelas eksperimen yang berjumlah 29 orang dan kelas kontrol yang berjumlah 26 orang. Desain dalam penelitian ini adalah pretes dan postes design. Dimana pretes dilaksanakan sebelum diberikan perlakuan dan postes diberikan seteah diberikan perlakuan dengan soal tes yang sama. Metode dalam penelitian ini menggunakan eksperimen semu dimana sampel yang digunakan dipilih tidak secara acak.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui keterlaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan whole language, selain itu  juga  untuk mengetahui perbedaan  dan peningkatan  keterampilan  membaca pemahaman peserta didik Sekolah Dasar. Analisis data yang dilakukan yaitu dengan  menghitung  data  hasil  observasi,  perbedaan  dan  peningkatan keterampilan membaca pemahaman dengan langkah-langkah pengujian yaitu,uji deskriptif statistik, uji normalitas, uji homogenitas uji rata-rata dan uji gain. Hasil dari penelitian ini adalah keterlaksanaan proses pembalajaran keterampilan membaca   pemahaman   dengan   menggunakan   pendekatan   whole   language berjalan dengan sangat baik. Terdapat perbedaan dan peningkatan keterampilan membaca pemahaman peserta didik yang menggunakan pendekatan whole language. Keterampilan membaca pemahaman peserta didik yang menggunakan pendekatan whole language lebih baik dari pada keterampilan membaca pemahaman peserta didik yang menggunakan pendekatan yang biasa dilakukan oleh pendidik. Saran bagi peneliti selanjutnya untuk meningkatkan keterampilan peserta didik menggunakan pendekatan whole language peneliti harus menguasi karakteristik peserta didik dan mampu menguasai kelas dengan baik.

Kata Kunci: Pendekatan Whole Language, Keterampilan Membaca Pemahaman

Published
2018-12-12
How to Cite
Rohartati, S. (2018). MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR MELALUI PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE. Sepeda(Seminar Pendidikan Dasar) PGSD FKIP Unpas, 1(1), 232 - 246. Retrieved from http://proceedings.conference.unpas.ac.id/index.php/sepeda/article/view/225