PENERAPAN METODE SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) UNTUK MENINGKATKAN DAYA BACA MAHASISWA DALAM MEMBANGUN BUDAYA LITERASI DI KELAS

  • Kisno Kisno Program Doktoral Teknologi Pendidikan UNJ
  • Nia Fatmawati Pendidikan Anak Usia Dini FKIP Universitas Lampung
Keywords: SQ3R Learning Method, Reading Power, Culture of Literacy

Abstract

The culture of reading literacy which is also a language skill can be built from small places such as classrooms. One language skill that is increasingly important in entering the 21st century is reading. Reading in language skills is one of the receptive skills. One type of reading that is very vital in cognitive development is reading comprehension. By reading understanding, it will help in building a culture of literacy that can be started from these classrooms. Therefore we need an appropriate learning method to support that goal. The purpose of this study was to improve the reading power of students in building a culture of literacy through the application  of  the  SQ3R  method  (Survey, Question,  Read,  Recite,  Review)  for students of Early Childhood Education at the University of Lampung as many as 29 students in one class. Data collection techniques through observation, questionnaires,  tests  and  documentation.  The  research  methodology  used  is action research (Action Research) in 2 cycles consisting of Planning, Implementation, Observation and Reflection. Based on the results of the study that the SQ3R method can improve students' reading power in building a culture of literacy in the classroom.

Keywords: SQ3R Learning Method, Reading Power, Culture of Literacy

Budaya literasi membaca yang juga merupakan keterampilan berbahasa dapat dibangun mulai  dari  tempat-tempat  kecil  seperti  ruang-ruang kelas.  Salah  satu keterampilan  berbahasa  yang  semakin  penting  peranannya  dalam  memasuki abad   ke-21   adalah   membaca.   Membaca   dalam   keterampilan   berbahasa merupakan salah satu keterampilan yang bersifat reseptif. Salah satu jenis membaca yang sangat vital dalam perkembangan kognitif adalah membaca pemahaman. Dengan membaca pemahaman maka akan membantu dalam membangun budaya literasi yang dapat dimulai dari ruang-ruang kelas tersebut. Oleh karena itu diperlukan sebuah metode pembelajaran yang tepat dalam mendukung tujuan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan daya  baca  mahasiswa  dalam  membangun  budaya  literasi  melalui  penerapan metode  SQ3R  (Survey,  Question,  Read,  Recite,  Review)  pada  Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini di Universitas Lampung sebanyak 29 orang mahasiswa dalam 1 kelas. Teknik pengumpulan data melalui observasi, kuesioner, tes dan dokumentasi. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan (Action  Research) dalam 2  siklus  yang terdiri dari  Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa metode SQ3R dapat meningkatkan daya baca mahasiswa dalam membangun budaya literasi di kelas.

Kata Kunci: Metode Pembelajaran SQ3R, Daya Baca, Budaya Literasi

Published
2018-12-12
How to Cite
Kisno, K., & Fatmawati, N. (2018). PENERAPAN METODE SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) UNTUK MENINGKATKAN DAYA BACA MAHASISWA DALAM MEMBANGUN BUDAYA LITERASI DI KELAS. Sepeda(Seminar Pendidikan Dasar) PGSD FKIP Unpas, 1(1), 143 - 156. Retrieved from http://proceedings.conference.unpas.ac.id/index.php/sepeda/article/view/218