PENGARUH CERITA BERGAMBAR TERHADAP EMPATI
Abstract
This study aims to determine the effect of picture story on the empathy of children.Implemented in B1 group Menara Fitrah Indralaya Kindergarten second semester of academic year 2016/2017. The research method used an experimental method with one shot case study design. Sampling technique using purposive sampling. The sample in this study is a group of B1 children, amounting to 20 children. Data on empathy is collected using the action test obtained from the observation sheet. The result of t-test calculation at significant level 0,05 obtained equal to 3,34 while 1,72. Therefore in accordance with the test criteria ≥ so that rejected which means accepted. The result shows that there were the effect of picture story on the empathy of B1 group Menara Fitrah Indralaya Kindergarten.
Keywords: Picture Story, Empathy, Early Childhood
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh cerita bergambar terhadap empati anak. Dilaksanakan di TK Menara Fitrah Indralaya, kelompok B1 semester II tahun pelajaran 2016/2017. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen dengan desain one shot case study. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah anak kelompok B1 yang berjumlah 20 anak. Data tentang empati dikumpulkan menggunakan tes perbuatan yang didapat dari lembar observasi. Hasil perhitungan uji-t pada taraf signifikan 0,05 diperoleh t_hitung sebesar 3,34 sedangkan t_tabel 1,72. Oleh karena itu sesuai dengan kriteria pengujian t_hitung ≥ t_tabel sehingga H_0 ditolak yang artinya H_a diterima. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh cerita bergambar terhadap empati anak kelompok B1 semester genap di TK Menara Fitrah Indralaya.
Kata Kunci : Cerita Bergambar, Empati, Anak Usia Dini