PENERAPAN MODEL COOPERATIF LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SD

  • Rosmidar ' Universitas Jambi

Abstract

This study aims to improve the learning outcomes of fourth grade students of SDN 25/ X Treasurer in the second semester of the 2016/2017 academic year. The research subjects were fourth grade students of the Treasurer. This study carried out two cycles of three actions. The initial stage of the first cycle was planned to make the lesson plan, the second step was implementing RPP, the observer recorded the implementation of the first cycle on the observation sheet. reflection sheet. At the end of the first cycle evaluation was carried out with increased results from pre-cycle activities. The results of the conversion were converted to student learning outcomes. The results of the conversion stated that the study had not reached the target. II, the implementation of the cycle was observed by observers, observers reflected and poured in reflection sheets. The evaluation results of the second cycle were converted to student learning tables, which in the conversion table illustrated that the research had reached the target. 23% increase. The result of  the  comparison  states  that  cooperative  learning  models  can  improve  the learning of SDN 25/ X Mendahara students in Indonesian Language learning in

2017/2018.

Keywords:  Jigsaw  type  Learning  Learning  Model,  Learning  Outcomes,  Indonesian Language

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 25/X Mendahara pada semester II tahun pelajaran    2016/2017.      Subjek      penelitian adalah siswa kelas IV Mendahara. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus dari tiga kali tindakan Tahap awal pada siklus I dibuat perencanaan untuk membuat RPP, langkah  kedua  Melaksanakan  RPP,  observer  mencatat  jalannya  pelaksanaan siklus I di lembar observasi, hasil observasi direfleksikan dan dituangkan dalam lembar  refleksi.  Pada  akhir  siklus  I  dilakukan  evaluasi  dengan  hasil  telah meningkat dari kegiatan pra siklus. Hasil evaluasi dikonversikan dengan hasil belajar siswa, hasil konversi menyatakan penelitian belum mencapai target,p erlu dilanjutkan  pada  siklus  II.  Hasil  refleksi  dituangkan  dalam  perencanaan  untuk siklus II dengan melampirkan RPP siklus II, pelaksanaan siklus diobservasi oleh observer.  Hasil  observasi  direfleksikan  dan  dituangkan  dalam  lembar  refleksi. Hasil evaluasi siklus II dikonversikan dengan table hasil belajar siswa, di mana pada   tabel   konversi   tergambar   bahwa   penelitian   telah   mencapai   target. Perbandingan hasil  evaluasi dari  siklus  I  dengan siklus  II  terdpat  peningkatan 23%. Hasil perbandingan tersebut menyatakan model cooperative learning dapat meningkatkan belajar siswa SDN 25/X Mendahara pada pembelajaran Bahasa Indonesia tahun 2017/2018.

Kata Kunci: Model Cooperate Learning Tipe Jigsaw, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia

Published
2018-12-12
How to Cite
’, R. (2018). PENERAPAN MODEL COOPERATIF LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SD. Sepeda(Seminar Pendidikan Dasar) PGSD FKIP Unpas, 1(1), 72 - 82. Retrieved from http://proceedings.conference.unpas.ac.id/index.php/sepeda/article/view/212